Rabu, 03 November 2010

Spam

Spam adalah aktivitas mengirim surat elektronik (email) kepada alamat email seseorang atau newsgroup tanpa seijin penerima. Spam juga merupakan aktivitas posting (pengiriman) berita atau iklan di luar topik yang sedang dibicarakan dalam sebuah newsgroup.

Spam yang bisa juga berupa junk mail adalah penyalagunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk manampilkan berita iklan dan kepentingan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi spam blog, spam email, spam mesin pencari, spam forum internet dan lain-lain.

Lantas bagaimana cara menanggulanginya? Pada dasarnya seluruh e-mail yang masuk kedalam mail server akan dipindai (scan) menggunakan metode tertentu. Email yang dicurigai, akan ditandai sebagai spam dan dikirimkan kepada anda seperti semula atau bisa juga secara otomatis dihapus oleh mail server (tergantung aturan yang berlaku).

Para pengirim spam yang disebut Spammers akan dilaporkan secara otomatis ke public blacklist database, semacam direktori khusus yang mem'blacklist' e-mail e-mail bermasalah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar